Beranda » Artikel Terbaru » Tips Menetapkan Harga Untuk Produk Bisnis Anda

Tips Menetapkan Harga Untuk Produk Bisnis Anda

Diposting pada 8 March 2020 oleh pusat grosir | Dilihat: 28 kali

Tips Menetapkan Harga Untuk Produk Bisnis Anda

Saat pertama kali merilis produk atau layanan jasa, biasanya Anda dan pihak perusahaan akan terkendala dengan menentukan harga yang akan dibayarkan konsumen.

Apalagi produk tersebut sudah memiliki kompetitor dan sangat sulit untuk perang harga karena Anda tahu modal awalnya dan ingin mendapatkan keuntungan yang telah diperhitungkan. Jadi bagaimana menentukan harga yang tepat untuk produk atau jasa Anda di awal perilisannya?

Ada 3 metode yang biasa dilakukan oleh perusahaan besar dalam menentukan harga sebuah produk yang akan dilempar ke pasaran.

Anda bisa memilih mana yang bisa Anda terapkan pada produk Anda dengan beberapa pertimbangan. Tidak semuanya bisa disamakan, Anda harus mengidentifikasi kondisi pasar, keinginan konsumen terhadap produk tersebut, dan kualitas produk yang bersaing dengan kompetitor. Berikut ini metode yang bisa digunakan dalam menetapkan harga:

1.Harga Berbasis Nilai

Ini adalah strategi penetapan harga yang menentukan harga utama tapi tidak secara eksklusif dan sesuai dengan nilai yang diperkirakan dari suatu produk atau layanan jasa kepada pelanggan menurut harga modal produk.

Contoh harga berbasis nilai yang bagus adalah layanan internet di rumah Anda. Ada beberapa pilihan paket layanan yang bisa dipilih, mulai dari yang murah tapi lambat hingga yang super cepat.

Berdasarkan data kolektif dari pasar, perusahaan internet telah memberi harga setiap paket berdasarkan nilai yang dirasakan itu.

Ketika Anda membeli paket yang tepat untuk Anda, maka Anda akan melakukan penghitungan cepat untuk menentukan paket yang tepat untuk Anda.

Tidak mungkin Anda membayar lebih untuk satu paket. Anda tidak akan melakukanya jika ada pilihan yang lebih murah.

  1. Biaya Tambahan

Dalam strategi penetapan harga ini, harga jual ditentukan dengan menambahkan persentase markup spesifik ke biaya unit produk.

Contoh yang baik dari ini adalah membeli bahan bakar bensin untuk mobil Anda. Seperti yang Anda tahu harga BBM sering berubah karena didorong oleh permintaan pasar.

Stasiun pengisian bahan bakar membeli, kemudian menaikkan harga di atas harga pembelian mereka. Nilai BBM itu tidak berubah tapi harga tersebut didasarkan pada berapa harga modal ditambah biaya overhead yang dibutuhkan untuk operasional dan mengambil keuntungan.

  1. Spekulasi

Meski banyak yang kurang setuju dengan cara ini, tapi bisa jadi sebuah bahan untuk Anda mengawali memasang harga untuk produk Anda ke depannya.

Ini biasanya taktik yang Anda gunakan ketika memiliki produk baru di pasar baru dan Anda tidak tahu harus mulai dari mana.

Ada aspek biaya tambahan dan harga berdasarkan nilai ketika Anda menggunakan metode ini, tapi sebenarnya Anda hanya mencoba berpikir rasional mengapa Anda yakin seorang pelanggan akan membayar produk Anda dengan jumlah tertentu.

Jika Anda mendapati kondisi spekulasi harga di awal, cobalah untuk memahami nilai yang sebenarnya diterima pelanggan Anda dalam setiap transaksi sehingga Anda bisa mengumpulkan data yang cukup untuk beralih ke metode lainnya.

Tidak masalah metode penetapan harga mana yang akhirnya Anda pilih, karena terlepas dari produk perusahaan atau pasar Anda, pelanggan tidak akan pernah membayar lebih dari nilai wajar yang mereka yakini.

Cobalah untuk menggunakan metode penetapan harga berbasis nilai untuk pertama kalinya. Ini tidak berarti menanyakan kepada calon pelanggan apa yang menurut mereka layak untuk dibayarkan, tapi sebaliknya melibatkan serangkaian pertanyaan yang lebih rumit sehingga Anda bisa menentukan nilai sebenarnya dari produk Anda yang nantinya akan diterima oleh pelanggan.

Anda perlu mencari tahu cukup banyak tentang bisnis dan kebutuhan calon pelanggan Anda melalui pertanyaan, kemudian berikan respon kepada mereka dengan bagaimana produk Anda akan membantu permasalahan mereka yang pada akhirnya menerima harga yang telah ditetapkan.

Bagikan informasi tentang Tips Menetapkan Harga Untuk Produk Bisnis Anda kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Menetapkan Harga Untuk Produk Bisnis Anda | PusatGrosir.co.id

Komentar dinonaktifkan: Tips Menetapkan Harga Untuk Produk Bisnis Anda

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Makara Earth Beauty

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

grosir tas hpo makara ovale earth beauty Rp 120.000
/ OVA-008
Rp 120.000
/ OVA-008
Makara Blue Aline

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual hpo makara midili blue aline Rp 110.000
/ MDL-003
Rp 110.000
/ MDL-003
Makara Red Maple

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual hpo makara ovale red maple murah Rp 120.000
/ OVA-002
Rp 120.000
/ OVA-002
SIDEBAR