Beranda » Artikel Terbaru » Konsep Pemasaran dan Tujuannya Dalam Bisnis

Konsep Pemasaran dan Tujuannya Dalam Bisnis

Diposting pada 22 August 2020 oleh pusat grosir | Dilihat: 49 kali

Konsep Pemasaran dan Tujuannya Dalam Bisnis

Konsep pemasaran merupakan strategi yang diterapkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, meningkatkan penjualan, memaksimalkan keuntungan, dan memenangkan persaingan. Ada beberapa konsep pemasaran yang dapat diwujudkan oleh organisasi.

Pemasaran adalah departemen manajemen yang mencoba mengembangkan strategi untuk membangun hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan yang ditargetkan. Tetapi filosofi apa yang terbaik bagi perusahaan untuk merancang strategi pemasaran?

Konsep produksi

Ide dari konsep produksi adalah “Pelanggan menyukai produk yang tersedia dan tersedia secara luas.” Konsep ini adalah salah satu faktor tertua yang menjadi fokus pemasaran dan membimbing pelanggan. Perusahaan yang berfokus pada faktor ini berisiko besar mempersempit kendali mereka atas operasi mereka sendiri dan kehilangan tujuan sebenarnya.

Dalam kebanyakan kasus, konsep produksi dapat menyebabkan miopia pemasaran. Manajemen berfokus pada peningkatan efisiensi produksi dan distribusi. Meskipun, dalam beberapa situasi, konsep produksi mungkin masih berguna.

Konsep produk

Konsep produk mengklaim bahwa konsumen lebih menyukai produk yang memiliki fitur terbaik dari segi kualitas, produktivitas dan inovasi. Sebagai bagian dari konsep ini, strategi pemasaran berfokus pada peningkatan produk yang berkelanjutan.

Kualitas dan pengembangan produk adalah komponen penting dari strategi pemasaran, dan kadang-kadang satu-satunya bagian dari itu. Berfokus hanya pada produk perusahaan juga dapat menyebabkan miopia pemasaran.

Konsep penjualan

Konsep penjualan adalah konsep yang didasarkan pada gagasan bahwa “pelanggan tidak akan membeli produk perusahaan dalam jumlah yang cukup tanpa upaya periklanan dan penjualan berskala besar.” Di sini, manajemen berpikir tentang membuat kesepakatan perdagangan, daripada membangun hubungan jangka panjang dan menguntungkan dengan pelanggan.

Tujuannya adalah untuk menjual apa yang dilakukan perusahaan, daripada melakukan apa yang diinginkan pasar. Program penjualan yang begitu agresif menciptakan risiko yang sangat tinggi. Dalam konsep jual, pemasar beranggapan bahwa ia akan membujuk pembeli untuk membeli produk tersebut, dan pembeli akan menyukainya.

Dan jika Anda tidak menyukainya, pembeli kemungkinan besar akan melupakan kekecewaannya dan kemudian membeli produk itu lagi. Ini biasanya asumsi yang sangat buruk dan mahal. Sebagai aturan, konsep penjualan berlaku untuk barang yang tidak diklaim.

Item yang tidak diklaim adalah item yang tidak dipikirkan pembeli tentang dirinya sendiri, seperti asuransi atau donor darah. Industri ini harus dapat menemukan pembeli yang menjanjikan dan meyakinkan mereka tentang manfaat produk.

Konsep pemasaran

Konsep pemasaran menyiratkan bahwa “pencapaian tujuan organisasi bergantung pada pemahaman kebutuhan dan keinginan pasar sasaran, dan memberikan kepuasan yang diinginkan lebih baik daripada pesaing.” Di sini, manajemen pemasaran mengadopsi pendekatan yang berfokus pada pelanggan.

Sebagai bagian dari konsep pemasaran, jalur menuju penjualan dan keuntungan menjadi fokus pelanggan dan nilai-nilai mereka. Konsep pemasaran adalah filosofi “rasakan dan bereaksi” yang berorientasi pada pelanggan. Tugasnya bukanlah menemukan pelanggan yang tepat untuk produk Anda, tetapi menemukan produk yang tepat untuk pelanggan Anda.

Konsep pemasaran sosial

Konsep pemasaran sosial mengajukan pertanyaan di mana konsep pemasaran murni mengabaikan kemungkinan konflik antara keinginan langsung pelanggan dan kesejahteraan jangka panjang mereka.

Hal ini membutuhkan pemasaran yang berkelanjutan, bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan, yang memenuhi kebutuhan konsumen dan perusahaan saat ini, tetapi juga memelihara atau meningkatkan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Konsep pemasaran sosial menempatkan kesejahteraan masyarakat di atas keuntungan dan kepuasan. Tombol darurat pemanasan global telah ditekan, dan kita perlu memikirkan kembali bagaimana kita menggunakan sumber daya kita. Oleh karena itu, perusahaan secara perlahan, sebagian atau seluruhnya, mulai merealisasikan konsep pemasaran sosial.

Bagikan informasi tentang Konsep Pemasaran dan Tujuannya Dalam Bisnis kepada teman atau kerabat Anda.

Konsep Pemasaran dan Tujuannya Dalam Bisnis | PusatGrosir.co.id

Komentar dinonaktifkan: Konsep Pemasaran dan Tujuannya Dalam Bisnis

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
GBO BLUE BELLS

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual-tas-wanita-murah-makara-gbo-daisy-lines Rp 165.000
/ GBO-010
Rp 165.000
/ GBO-010
QUICK ORDER
GBO WISTERIA LINES

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual-tas-wanita-makara-gbo-wisteria-lines-termurah Rp 165.000
Ready Stock / GBO-018
Rp 165.000
Ready Stock / GBO-018
Makara Clue Dance

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual tas makara etnik clue dance Rp 110.000
SIDEBAR